Lionel Messi Menang Ketujuh Kalinya, Kalahkan Jorginho dan Lewandowski

Lionel Messi Menang Ketujuh Kalinya, Kalahkan Jorginho dan LewandowskiSeperti telah diperhitungkan semenjak awalnya, bekas bintang Barcelona Lionel Messi memenangi Ballon d’Or untuk kali ke-7 semalam, menaklukkan Robert Lewandowski yang menempati urutan ke-2 terbaik.

Pertanda penghargaan ini jatuh ke Messi telah kelihatan beberapa saat awalnya saat penyerang Bayern Munchen Robert Lewandowski menang penghargaan Striker Terbaik, kelompok yang baru dibuat di tahun 2021. Bila si pemain Polandia menang penghargaan penyerang terbaik, apa dia akan raih Ballon d’Or? Kecil peluangnya.

Dalam pada itu posisi ke-3 ditempati Jorginho. Titel juara Piala Eropa 2020 dan juara Liga Champions rupanya kurang cukup untuk memberikannya penghargaan terbaik individu di dunia sepak bola. Urutan ke-4 diberi untuk Karim Benzema dan rangking ke-5 N’Golo Kante.

Kesuksesan merampas Ballon d’Or 2021 itu jadikan Messi unggul dua penghargaan dari Cristiano Ronaldo yang memenanginya 5 kali, dan unggul empat di atas Michel Platini, Johan Cruyff dan Marco van Basten. Semua legenda sepak bola itu pernah memenanginya masing-masing 3x.

Sejauh satu 1/2 dasawarsa paling akhir Cedera Modric (Real Madrid, Kroasia) ialah salah satu pemain lain yang sempat terima penghargaan Ballon d’Or, dengan acara itu diurungkan pada 2020 karena keadaan kesehatan dunia yang tidak meluluskan.

Si bintang Argentina itu nikmati tahun yang mengagumkan sejauh 2021 sesudah bawa Albiceleste mencetak kemenangan Copa America, yang disebut gelar internasional pertama kalinya, dan jadi pembuat gol paling banyak di Liga Spanyol pada musim 2020/21 dengan 30 gol.

Messi lakukan transfer surprise ke PSG pada musim panas 2021 sesudah tidak dapat tanda-tangani kontrak baru dengan Barcelona karena keadaan keuangan club, yang menanggung derita hutang besar sekali sebagai dari hasil mismanajemen direksi awalnya.

Penghargaan Ballon d’Or ini tiba ketika yang pas saat La Pulga sukses cetak gol pertama kalinya di gelaran Ligue 1 untuk PSG ke gawang Nantes pada pertandingan 21 November kemarin. Di luar liga lokal, Messi telah menyumbang 3 gol dalam tiga performa di gelaran Liga Champions musim 2021/22 ini.

Beberapa nama populer lenyap dari daftar 10 finalis paling atas penghargaan Ballon d’Or. Salah satunya Romelu Lukaku dari Chelsea dan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Berikut ialah daftar 10 finalis, tanpa posisi tertentu.